Hai selamat datang di Life Telescope! Blog ini diciptakan untuk kesenangan semata dengan isi blog ini yang macam macam seperti Pelajaran, Lifestyle, & Fanfiction milik saya dari anime tertentu, jadi selamat menikmati disini!

-D. Abby Yoga

PERHATIAN!:

Jangan SPAM atau Flood disini! kami mengharapkan ketenangan pembaca sekalian!

Protected by Copyscape Online Copyright Search

Senin, 05 Desember 2011

Benua & Samudra


Benua adalah daratan yang sangat luas; (kontinen). Pada awalnya bumi terbentuk seluruh benua merupakan satu daratan yang amat luas, belum terbagi-bagi oleh pergeseran kerak bumi; daratan tersebut disebut Pangea, pada masa mesozoic terbagi atas dua bagian besar yaitu gondwana di belahan Bumi selatan dan laurasia di belahan Bumi utara. Benua di Bumi berjumlah 6, 5 benua sudah dihuni oleh manusia dan yang 1 belum.
Pada masa kini bumi terbagi atas beberapa benua :

*Klik nama benua untuk melihat informasi yang ada

C. Luas Benua di Dunia

  • Benua Asia, luasnya mencakup 43.998.920 km², merupakan benua terluas di Bumi, titik tertinggi terdapat di Gunung Everest 8.848 m & titik terendah terdapat pada Laut Mati 400 m di Israel - Yordania.
  • Benua Amerika (Amerika Selatan, Amerika Utara), luasnya mencakup 41.825.581 km², merupakan benua terluas ke-2, & titik tertinggi terdapat di Gunung Acontagua 6.960 m, & titik terendah terdapat di Lembah Maut 85,9 m.
  • Benua Afrika, luasnya mencakup 30.224.050 km², merupakan benua terluas ke-3, & titik tertinggi terdapat di Pegunungan Kilimanjaro 5.963 m & titik terendah terdapat di Danau Assal 156 m di Jibouti.
  • Benua Antartika, luasnya mencakup 13.200.000 km², merupakan benua terluas ke-4, & titik tertinggi terdapat pada Gunung Vinson di 5.139 m.
  • Benua Eropa, luasnya mencakup 9.699.550  km², merupakan benua terluas ke-5, & titik tertinggi terdapat di Gunung Elbrus 5.642 m di Georgia & titik terendah terdapat di Laut Caspia 28 m di Uni Soviet.
  • Benua Australia, luasnya mencakup 7.687.120 km², merupakan benua terksempit dari 5 benua lainnya, & titik tertinggi terdapat di Gunung Kosciusko 2.228 m & titik terendah terdapat di Danau Eyre 13 m.
Ket: *Merah: Amerika, Kuning: Asia, Hitam: Afrika, Biru: Eropa, Hijau: Australia & Abu-Abu: Antratika


D. Samudra

Samudra (juga dieja Samudera) atau Lautan (dari bahasa Sansekerta) adalah laut yang luas dan merupakan massa air asin yang sambung-menyambung meliputi permukaan bumi yang dibatasi oleh benua ataupun kepulauan yang besar. Bumi kita mempunyai 5 lautan yang luas.

Ada lima samudra di bumi yaitu:

*Klik nama samudra untuk melihat informasi yang ada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar